7 Langkah atau Cara Mencari Pekerjaan Yang Cocok dengan Kepribadian Anda | LupaKerja

7 Langkah atau Cara Mencari Pekerjaan Yang Cocok dengan Kepribadian Anda

Hari ini adalah hari yang baik untuk memulai perjalanan mencari pekerjaan yang cocok dengan kepribadian Anda. Karena Anda mencoba menciptakan masa depan baru untuk diri Anda sendiri, saya sarankan Anda memberikan dan meluangkan waktu untuk proses ini.

Lakukan langkah-langkah di bawah ini selama beberapa minggu karena ada baiknya untuk Anda yang sedang dalam program mencari kerja yang sesuai dengan kepribadian Anda. Cobalah untuk sisihkan waktu setiap minggu, seperti di hari minggu atau weekend, baca satu langkah dan kerjakan. Selama seminggu, pastikan untuk membiarkan setiap langkah meresap dalam pikiran Anda selama aktivitas harian Anda. Senin berikutnya, catat setiap pemikiran baru yang Anda miliki dan kemudian mulai langkah berikutnya.

Berikut adalah 7 langkah mencari pekerjaan yang cocok dengan kepribadian baik itu bagi Anda yang introvert ataupun sebaliknya

Langkah ke-1: Identifikasi Mengapa Anda Ingin Mengubah Karier

Cara Mencari Pekerjaan Yang Cocok dengan Kepribadian

Langkah pertama dalam setiap perubahan karier adalah mengidentifikasi mengapa Anda mencari perubahan. Penting untuk mengetahui apakah Anda mencoba untuk menjauh dari sesuatu atau jika Anda mencoba untuk bergerak maju menuju sesuatu. Pada akhirnya, jauh lebih mantap untuk bergerak maju menuju sesuatu daripada mencoba melarikan diri dari sesuatu.

Jauh lebih sulit untuk mengidentifikasi pekerjaan apa yang ideal bagi Anda jika visi pribadi Anda terbatas dalam mengatasi hal-hal negatif dari situasi Anda saat ini.

Inilah saatnya Anda berani bermimpi. Mengapa tidak mencoba bermimpi besar? Jika Anda akan membuat perubahan karier, biarkan semua pilihan tetap terbuka untuk memberi diri Anda peluang terbaik dalam memulai awal yang baru. Ini adalah waktunya bagi Anda untuk menemukan pekerjaan yang cocok dan akan Anda cintai selama bertahun-tahun kedepan.

Langkah ke- 2: Buat Visi Pribadi & Tentukan Tujuan Anda

Cara Mencari Pekerjaan Yang Cocok dengan Kepribadian Anda

Langkah selanjutnya dalam mencari pekerjaan yang cocok dengan kepribadian Anda adalah dengan menciptakan visi yang sangat jelas tentang situasi kerja Anda di masa depan. Anda harus dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut dengan pasti:

  • Hari kerja ideal Anda itu, hari apa? 
  • Berapa gaji yang Anda butuhkan untuk hidup dengan nyaman?
  • Waktu jalan-jalan pilihan Anda itu apa? 
  • Apa posisi dan tugas yang ideal atau cocok bagi Anda? 
  • Untuk tingkat manajerial apa Anda ingin melaporkan?
  • Apakah Anda mempunyai jiwa wirausaha?
  • Apakah Anda akan mempertimbangkan berwirausaha?
  • Apakah ada aspek logistik lain yang perlu Anda pertimbangkan (seperti kebutuhan perjalanan atau penitipan anak di tempat kerja atau hal transportasi Anda?)

Cobalah untuk memikirkan setiap aspek, jangan takut untuk menguraikan apa yang mungkin terganjal dihati Anda. Tujuannya di sini adalah untuk mencari pekerjaan yang cocok dengan kepribadian Anda.

Menciptakan visi dan menentukan tujuan adalah langkah integral untuk menemukan pekerjaan ideal Anda. Saya merekomendasikan agar teman saya menghabiskan banyak waktu untuk pertanyaan-pertanyaan ini dan menuliskan jawaban mereka di buku catatan.

Langkah ke-3: Hubungkan Kembali Dengan Minat Anda

Cara Mencari Pekerjaan Yang Cocok dengan Kepribadian Anda

Untuk membantu mengalirkan pengetahuan diri Anda, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut selama satu minggu:

  • Bagian toko buku dari favorit Anda, apa?
  • Bagian mana dari majalah atau koran yang Anda akan buka pertama kali?
  • Langganan majalah atau koran apa yang Anda miliki?
  • Apa kelas atau pelajaran favorit Anda di perguruan tinggi ataupun di sekolah?
  • Apa hobimu?
  • Kategori buku apa yang Anda simpan di rak buku atau meja belajar Anda?
  • Percakapan menarik apa yang Anda ingat dari pesta dan acara sosial yang pernah Anda ikuti? Apa topiknya? Apa yang membuatnya menjadi percakapan yang menarik?

Setelah menemukan hal-hal ini dalam selama seminggu, Anda seharusnya dapat mengidentifikasi beberapa kecenderungan. Apakah Anda memperhatikan beberapa minat Anda muncul secara konsisten? Apakah Anda dapat mempersempitnya menjadi dua atau tiga minat teratas?

Jangan khawatir pada titik ini apakah minat yang telah Anda identifikasi memiliki kemungkinan sebagai karier. Anda baru saja memulai proses eksplorasi diri. Untuk memiliki harapan menemukan pekerjaan yang Anda sukai, Anda harus mulai dengan mengidentifikasi apa yang benar-benar menarik bagi Anda!

Langkah ke-4: Hubungkan Kembali Dengan Nilai Anda

Cara Mencari Pekerjaan Yang Cocok dengan Kepribadian Anda

Minat dan nilai berjalan barengan seperti gembok dan anak kunci. Setelah Anda mengidentifikasi beberapa minat favorit Anda, langkah selanjutnya adalah mengeksplorasi nilai-nilai Anda. Nilai-nilai Anda adalah keyakinan Anda yang dipegang teguh dan memaksa Anda untuk segera bertindak. Banyak orang menjadi tidak puas dalam karier mereka karena satu atau lebih dari nilai-nilai pribadi mereka tidak terpenuhi. Untuk mengungkap beberapa nilai batin terkuat Anda, cobalah menjawab beberapa atau semua pertanyaan berikut:

  • Siapa orang terkenal favorit Anda? Apa yang membuat Anda kagum dari mereka?
  • Jika Anda tidak ingin bekerja lagi, apa yang akan Anda habiskan untuk kehidupan Anda selanjutnya? Mengapa?
  • Jika Anda dapat memecahkan satu masalah, apakah itu?
  • Pencapaian pribadi apa yang paling Anda banggakan?
  • Apa tiga film favorit Anda sepanjang hidup Anda? Tema film apa yang mereka sajikan?
  • Apa yang membuatmu marah?
  • Apa yang ingin Anda katakan tentang Anda di sesi pemakaman Anda?

Pertanyaan-pertanyaan ini cenderung membawa Anda lebih lama untuk menjawab daripada yang lain. Itu karena nilai-nilai Anda adalah inti dari apa yang memotivasi Anda dalam hidup. Ketika Anda menemukan pekerjaan yang selaras dengan satu atau lebih nilai-nilai Anda, Anda akan merasakan keinginan yang besar untuk melakukan pekerjaan itu. Ini akan terasa lebih seperti "panggilan" Anda daripada sekadar pekerjaan.

Anda akan mendapatkan rasa "penting" tentang pekerjaan yang Anda lakukan. Anda akan merasa bahwa waktu Anda dihabiskan dengan bijaksana dan pekerjaan Anda akan membuat perbedaan. Ketika Anda dapat menggabungkan perasaan berbasis nilai ini dengan bekerja di bidang yang Anda minati, Anda akan segera menemukan pekerjaan yang Anda sukai. Cobalah untuk meringkas jawaban Anda dari pertanyaan-pertanyaan di langkah ini dan kemudian identifikasi tiga nilai teratas Anda.

Langkah ke-5: Ketahui Kemampuan Anda!

Cara Mencari Pekerjaan Yang Cocok dengan Kepribadian Anda

Sekarang Anda tahu mengapa Anda ingin mengubah karier (gaji lebih baik? kepuasan lebih?), seperti apa hari kerja Anda di masa depan, bidang minat Anda (sejarah? biologi?) dan nilai-nilai Anda (pendidikan? keuletan? membantu orang lain?). Langkah selanjutnya dalam proses ini adalah menghubungkan komponen emosional ini dengan apa yang sebenarnya sudah Anda rencanakan untuk dilakukan. Anda dapat mengetahuinya dengan mengikuti tes kemampuan alami.

Saya sangat merekomendasikan pengujian kemampuan untuk semua teman saya. Ada beberapa sumber pengujian kemampuan yang tersedia yang dapat Anda baca di internet.

Tes kemampuan menentukan kemampuan alami Anda berdasarkan sampel pekerjaan berjangka waktu. Ini memungkinkan cara yang objektif untuk menemukan (atau menegaskan) jenis pekerjaan yang paling cocok untuk Anda. Tes ini juga memberi tahu Anda tentang preferensi Anda untuk introversi atau ekstroversi, orientasi kerangka waktu Anda, preferensi Anda untuk pekerjaan abstrak atau nyata, dan informasi gaya kerja lainnya. Penting untuk mengetahui dan mengkonfirmasi jenis kemampuan yang datang dengan cepat dan mudah kepada Anda. Ketika Anda menemukan pekerjaan yang menuntut kemampuan ini, tidak hanya akan lebih mudah bagi Anda untuk berhasil, tetapi Anda juga akan mendapatkan rasa kepuasan yang lebih besar dari pekerjaan Anda.

Langkah ke-6: Inventarisasi Keterampilan Anda

Cara Mencari Pekerjaan Yang Cocok dengan Kepribadian Anda

Langkah keenam dalam mencari pekerjaan yang cocok dengan kepribadian Anda adalah memeriksa keterampilan Anda. Keterampilan Anda menambah kemampuan alami Anda. Mereka adalah hal-hal yang telah Anda ambil sepanjang perjalanan karier Anda (berbicara di depan umum, pemrograman komputer, manajemen proyek, dll). Ini adalah tempat yang wajib Anda miliki pengalamannya, kursus yang telah Anda ambil, pelatihan di tempat kerja yang mungkin telah Anda terima atau tempat lain di mana Anda merasa telah memperoleh kompetensi.

Anda mungkin merasa terbantu untuk melihat resume masa lalu, catatan proyek, dan review kinerja untuk membuat daftar lengkap keterampilan yang telah Anda peroleh dan ingin terus Anda gunakan di masa mendatang. Dari daftar lengkap ini, persempit menjadi tiga hingga lima bidang keterampilan yang menurut Anda paling kuat.

Langkah ke-7: Buat Road Map ke Posisi Sebenarnya

Cara Mencari Pekerjaan Yang Cocok dengan Kepribadian Anda

Akhirnya, Anda berhasil mencapai langkah terakhir! Sekarang Anda harus tahu lebih banyak tentang diri Anda daripada yang Anda lakukan di awal proses ini. Sekarang saatnya untuk menyatukan semua bagian dan mulai menentukan posisi. Begitu sering ketika teman pertama kali datang kepada saya, kecenderungan alami mereka adalah untuk memulai proses perubahan karier dengan segera mencoba mengidentifikasi jabatan baru.

Mereka datang kepada saya mengatakan hal-hal seperti, "mungkinkah saya harus menjadi perawat" atau, "Saya mendengar bahwa fotografi adalah karier yang baik." Saya selalu memberi tahu mereka hal yang sama: yang terbaik adalah tidak melihat jabatan sampai Anda menjelajahi cita-cita, kemampuan, minat, dan nilai batin Anda. Yang terbaik adalah membiarkan semua opsi Anda tetap terbuka selama enam langkah pertama. Anda memiliki kesempatan yang lebih baik untuk menemukan pekerjaan yang benar-benar Anda sukai dan yang cocok dengan kepribadian Anda ketika Anda sepenuhnya melepaskan kreativitas dari proses ini. Anda mungkin terkejut dengan apa yang Anda temukan!

Untuk menyelesaikan Langkah #7, gunakan informasi yang telah Anda kumpulkan dari Langkah 1 hingga 6 dan letakkan di catatan dalam format ini:

  • Tiga minat pribadi teratas 
  • Tiga nilai inti teratas 
  • Tiga bidang kemampuan alami teratas 
  • Tiga hingga lima keterampilan yang diperoleh teratas

Setelah Anda membuat catatan ini, Anda dapat mulai dengan menunjukkannya kepada teman, sahabat, keluarga dan siapa pun yang dapat berkonsultasi dengan Anda. Tanyakan kepada mereka jenis pekerjaan apa yang dapat dijelaskan daftar ini. Apakah mereka mengenal seseorang yang memiliki pekerjaan seperti ini? Jika ada, mungkin mereka dapat membantu Anda mengatur wawancara berbagi informasi untuk mengonfirmasi bahwa jenis pekerjaan ini memang cocok dengan kepribadian Anda.

4 catatan terakhir yang harus Anda ketahui sebelum melakukan perubahan karir:

Cara Mencari Pekerjaan Yang Cocok dengan Kepribadian Anda

1. Jadilah teliti, gigih dan jujur ​​pada diri sendiri dan Anda akan menemukan pekerjaan impian dan yang cocok sesuai kepribadian Anda. Sangat penting untuk bersabar selama proses eksplorasi perubahan karir. Ini seperti mengisi corong besar di bagian atas. Anda memasukkan informasi baru setiap hari 'alasan Anda untuk berubah, kebutuhan logistik Anda, minat Anda, nilai Anda, kemampuan Anda, keterampilan Anda, dll. Apa yang akan terjadi pada akhirnya adalah bahwa satu atau dua jabatan akan jatuh melalui lubang sempit di bagian bawah corong.

Hasil yang akan Anda terima untuk berinvestasi dalam mengenal diri sendiri melalui proses tujuh langkah ini adalah bahwa pekerjaan yang Anda temukan akan menjadi peluang paling menarik dalam hidup Anda. Dan akhirnya Anda akan menemukan pekerjaan yang benar-benar Anda sukai.

2. Pastikan kondisi keuangan Anda stabil selama menjalani proses perubahan karir. Jauh lebih mudah untuk menjelajah dengan bebas ketika Anda tidak perlu khawatir tentang bagaimana tagihan Anda akan dibayar. Ingat, proses tujuh langkah ini adalah tentang menemukan hasrat Anda dan mencari tahu bagaimana Anda dapat memberikan kontribusi unik Anda kepada dunia. Ini akan membutuhkan perhatian Anda untuk sementara waktu.

3. Jika saat ini Anda sedang menganggur dan sedang mencari pekerjaan, waspadalah terhadap jebakan ini: hanya menjadi ahli dalam sesuatu tidak berarti Anda harus melakukannya! Ini adalah jalan yang valid dan mungkin tercepat dalam proses perubahan karir yang nyata untuk menemukan pekerjaan yang Anda sukai.

4. Sangat normal untuk merasa takut dan khawatir tentang pilihan karir yang tidak realistis. Bagaimanapun, kita semua perlu mencari nafkah. Terlepas dari apakah Anda sedang bekerja, pikiran-pikiran ini secara alami akan muncul jika Anda mempertimbangkan untuk membuat perubahan besar. Biarkan perasaan ini naik dan turun. Tidak apa-apa. Bicarakan dengan teman Anda, pelatih karir Anda atau tulis tentang di buku catatan Anda. Membuat perubahan karier bisa membuat stres, tetapi jangan biarkan hal itu menghentikan Anda untuk menemukan pekerjaan yang cocok dengan kepribadian dan yang Anda sukai!

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url