Beberapa Faktor Penyebab Turunnya Produktivitas Kerja Menjelang dan Sesudah Liburan | LupaKerja

Beberapa Faktor Penyebab Turunnya Produktivitas Kerja Menjelang dan Sesudah Liburan

Faktor penyebab turunnya produktivitas kerja - Banyak karyawan yang mengeluh disaat puasa atau terutama menjelang liburan panjang seperti liburan tahun baru, hari raya lebaran menurun produktivitasnya! Hal ini secara psikologis sebenarnya adalah sesuatu yang wajar dialami oleh seorang pekerja dimana selama ini mungkin merasakan kebosanan atau kejenuhan akan aktivitas kerja yang penat. Namun hal ini tentunya tidak disukai oleh perusahaan, dan karena perusahaan tidak menyukainya maka jika melihat Anda menurunkan produktivitas, sehingga ada kemungkinan akan mempengaruhi perkembangan karir di masa depan. Oleh karena itu banyak orang yang tetap berusaha untuk dapat mempertahankan produktivitasnya walaupun sebenarnya psikis untuk bekerja telah menurun karena menjelang dan sesudah liburan yang telah ada di depan mata.

Salah satu faktor utama penurunan atau peningkatan produktivitas tenaga kerja adalah penerapan pola kerja yang salah dan tidak tepat dengan peruntukannya.

Berikut beberapa hal yang dapat mengakibatkan penurunan kualitas dan produktivitas kerja dari karyawan dan biasanya tidak disadari.

Faktor Penyebab Turunnya Produktivitas Kinerja Karyawan dan Guru

Faktor Penyebab Turunnya Produktivitas Kerja Menjelang dan Sesudah Liburan

(a). Ada pepatah lama yang mengatakan bahwa jika Anda bisa mengendalikan waktu, Anda bisa menguasai dunia. Hal ini juga berlaku untuk meningkatkan produktivitas kerja kantoran. Namun sayangnya hanya sedikit orang yang dapat melakukan manajemen waktu dengan baik sesuai yang diharapkan. Manajemen waktu yang baik umumnya hanya dapat dilaksanakan dengan baik jika telah digunakan dengan benar pula. Tak heran jika terkadang telah membuat rencana kegiatan dengan baik, namun tak jarang pelaksanaannya sangat jauh dari apa yang telah direncanakan dan yang diharapkan. Oleh karena itu tidak bisa memanajemen waktu dengan baik akan mengakibatkan penurunan aktivitas dan produktivitas, terutama kualitas produktivitas dalam mengejar target.

(b). Penggunaan fasilitas tidak seperti yang diharapkan. Saat ini, hal (fasilitas kantor) yang paling banyak disalahgunakan  karyawan adalah  fasilitas  internet. Dengan adanya internet gratis, maka banyak karyawan yang memanfaatkan untuk kepentingan di luar kantor. Fasilitas kantor saat ini banyak disalahgunakan untuk kepentingan pribadi. Sebenarnya tidak masalah apakah itu digunakan untuk refreshing atau hanya untuk menghilangkan rasa lelah, tetapi jika terlalu berlebihan  juga akan menyebabkan penurunan produktivitas  karyawan. Oleh karena itu gunakan dan manfaatkan fasilitas internet untuk yang tidak penting sewajarnya, dan lebih mengutamakan kepentingan kantor.

(c). Jangan menjalankan jadwal atau daftar kegiatan yang sudah dilakukan sebelumnya. Bahkan terkadang banyak juga karyawan yang bahkan tidak membuat daftar kegiatan yang harus dilakukan. Dengan membuat daftar kegiatan, maka akan lebih mengkoordinasikan seluruh kegiatan dan pekerjaan yang akan dilakukan, terutama mengutamakan kegiatan mana yang harus dijadikan prioritas terlebih dahulu, dan kegiatan mana yang bisa ditunda untuk dilakukannya. Tak jarang juga daftar kegiatan sudah dibuat dengan baik, namun tidak dapat dilaksanakan atau tidak dipatuhi sehingga menyebabkan rusaknya jadwal secara keseluruhan. Jika ya, jelas membutuhkan introspeksi diri, dan biasanya  didorong oleh kebiasaan kerja yang tidak menyenangkan atau patuh pada aturan. Sehingga dengan mudah daftar kegiatan yang sebelumnya telah diatur dengan baik namun dalam pelaksanaannya tidak ditepati dengan baik.

Bagaimana cara meningkatkan produktivitas kerja di masa pandemi sekarang?

Faktor Penyebab Turunnya Produktivitas Kerja Menjelang dan Sesudah Liburan

Sebenarnya jika karyawan berniat ingin mengatasi adanya sindrom penuruan produktivitas kerja demi mencapai jenjang karir yang baik, maka jawabannya sebenarnya adalah cukup simple dan sederhana, yaitu berusaha untuk mengubah kebiasaan sehari-hari menjadi lebih teratur dan lebih baik dari yang sebelumnya. Jika kebiasaan yang baik telah ada, maka akan berdampak pada aktivitas yang dilakukan secara keseluruhan, termasuk aktivitas dalam bekerja. Dan satu hal lagi yang wajib dilakukan, yaitu cintailah pekerjaan Anda, dengan menyenangi pekerjaan maka bekerja tidak ada beban dan sebaliknya dikerjakan dengan senang hati. Hal inilah yang banyak orang bilang dinamakan menikmati pekerjaan walau saat pandemi sekarang ini!

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url