5 Faktor Pengaruh Antara Produktivitas Kerja dan Fasilitas Kantor

Pengaruh produktivitas kerja dan fasilitas kantor di perusahaan - Ada banyak aspek yang dapat mempengaruhi perkembangan kemajuan dari suatu perusahaan. Salah satu yang terpenting adalah sumber daya manusia karyawan yang dimiliki oleh perusahaan. Untuk mendapatkan karyawan yang berkualitas bagus sebenarnya terbagi atas dua tahap, tahap pertama adalah dari tahap seleksi pelamar terhadap lowongan kerja yang disediakan, dan tahap ke-dua adalah tahap setelah pelamar tersebut diterima untuk menjadi karyawan resmi dari perusahaan.

Dua tahap tersebut adalah sama-sama penting dalam mendapatkan karyawan-karyawan dengan kualitas produktivitas kerja yang bagus. Untuk mendapatkan panen yang bagus, maka hendaknya pula dimulai dengan menanam benih yang memiliki kualitas unggul. Hal ini-lah yang melatar belakangi kenapa begitu pentingnya pada tahap pertama. Peran HRD memiliki kunci penting dalam menentukan karyawan yang unggul. Oleh karena itu hubungan HRD dengan perusahaan hendaknya berjalan dengan baik, dimana HRD mengetahui persis tentang SDM yang dibutuhkan oleh perusahaan.

Kemudian pada tahap kedua, dimana calon sudah diangkat menjadi pegawai, penting juga  untuk berhati-hati. Banyak faktor yang sangat mempengaruhi memiliki pegawai yang baik setelah calon karyawan diangkat menjadi pegawai resmi. Salah satu faktor terpenting adalah keberadaan fasilitas kerja di kantor yang memadai dan mendukung dalam kelangsungan menjalankan setiap pekerjaan di kantor.

Secara keseluruhan, fasilitas yang sesuai diringkas dengan nama tempat kerja atau kantor. Kualitas kantor yang baik erat kaitannya dengan keberhasilan menciptakan suasana kegairahan dalam bekerja. Dan hal ini secara langsung akan berpengaruh terhadap kualitas peningkatan produktivitas kerja. Kantor yang nyaman adalah kantor yang bisa membuat para pekerja yang berada di dalamnya merasa bekerja selayaknya di rumah sendiri. Pertanyaannya adalah bagaimana cara untuk mewujudkan kantor idaman di suatu perusahaan, sehingga para karyawan akan merasa betah untuk berada di dalamnya?

Berikut ini ada beberapa fasilitas kantor yang mungkin dapat menjadi pertimbangan untuk mewujudkan kantor yang nyaman.

Faktor pengaruh produktivitas kerja dan fasilitas kantor di perusahaan yang membuat nyaman

1. Pemilihan kursi yang tepat

Faktor Pengaruh Antara Produktivitas Kerja dan Fasilitas Kantor

Aktivitas kantor adalah aktivitas yang bersifat bekerja di dalam ruangan bukan outdoor job. Oleh karena itu semakin nyaman seorang pekerja berada di dalam ruangan maka akan semakin bagus untuk perkembangan produktivitas kerja yang akan diciptakan.

Salah satu media untuk mewujudkannya adalah dengan cara memilih dan memiliki kursi yang nyaman akan membuat karyawan betah duduk diatasnya. Sebagai tips, sebaiknya membeli atau menggunakan kursi dengan dilengkapi penyangga punggung bagian bawah, dimana bersifat flesibel atau dapat diatur ukuran ketingginannya.

Kemudian usahakan mendapatkan posisi agar lutut bisa nyaman (lurus). Selain itu lebih baik lagi jika kursi dilengkapi dengan penyangga siku tangan, sehingga tidak akan membuat pegal atau capek jika melakukan kegiatan ngetik. Agar tidak mudah lelah, yang terbaik adalah duduk  tegak dan  sesekali bersandar.

2. Tata letak monitor komputer

Faktor Pengaruh Antara Produktivitas Kerja dan Fasilitas Kantor

Meletakan computer pada posisi yang salah akan menyebabkan sakit otot leher, jika hal ini terjadi maka akan menyebabkan karyawan enggan menatap monitor tersebut, dan an berdampak pada penurunan produktivitas kerja itu sendiri.

Letakkan posisi monitor pada posisi yang pas jika dipandang oleh mata. Sebagai tips sebaiknya melatakkan computer sejajar dengan pandangan mata dengan jarak yang sehat, dimana tidak terlalu dekat dan tidak terlalu jauh antara 30cm dan 60cm.

3. Adanya privacy

Faktor Pengaruh Antara Produktivitas Kerja dan Fasilitas Kantor

Ruangan pribadi tidak harus dibuat dengan biaya mahal, cukup dengan sekat juga boleh. Tentunya seseorang akan sangat suah untuk fokus pada pekerjaan jika dimejanya juga terdapat barang milikin rekan kerja yang lain. Jika pekerjaan tidak dilakukan dengan fokus, maka tentulah sudah dapat diperkirakan hasilnya juga tidak akan maksimal.

4. Benda-benda penyemangat

Faktor Pengaruh Antara Produktivitas Kerja dan Fasilitas Kantor

Tidak ada salahnya menampilkan foto orang-orang terkasih, seperti kekasih, keluarga, anak, orang tua dan lain-lain. Dengan mengingat mereka maka akan memberikan tenaga tambahan bagi karyawan untuk menyelesaikan setiap pekerjaan yang dikerjakan. Janganlah malu memajang orang-orang yang Anda sayangi, karena sejujurnya untuk merekalah (selain untuk diri sendiri) sebenarnya Anda bekerja.

5. Menjauhkan kebosanan

Faktor Pengaruh Antara Produktivitas Kerja dan Fasilitas Kantor

Tentu saja sangat wajar jika seseorang duduk di suatu tempat dalam waktu yang lama, maka kebosanan akan datang, yang akan datang dengan sendirinya. Ada banyak cara untuk membuat  suasana tidak membosankan. Misalnya, dengan memaikan warna pada cat tembok. Pilihlah warna yang tenang seperti biru laut. Kemudian juga dapat dicoba dengan memberikan bunyi-bunyian yang membuat hati terasa nyaman. Misalnya, memutar musik santai dengan volume yang tepat. Anda juga bisa mencoba membuat ruangan terlihat seperti alam terbuka. Hal ini, dapat dilakukan dengan menaruh pot-pot tanaman di beberapa ruangan yang diperkirakan masih mendapat cahaya adalah salah satu juga ide yang tidak ada salahnya dicoba.

Lebih bagus lagi jika memungkinkan adalah dengan menciptakan taman di dalam ruangan dengan adanya air mancur, dimana di dalam airnya diberi ikan hias. Hal ini tentu akan sangat membantu me-refresh pikiran yang telah jenuh bekerja. Jangan lupa dengan memberikan celah sinar matahari yang tepat ke dalam ruangan agar mencegah rasa ngatuk terutama di waktu sore hari.

Kemudian, jangan lupa  untuk mengatur suhu ruangan agar berada pada posisi yang nyaman bagi tubuh karyawan.

Terima Kasih Telah Membaca Artikel Seputar Lowongan Kerja Terbaru 2023
Judul: 5 Faktor Pengaruh Antara Produktivitas Kerja dan Fasilitas Kantor
Hati-hati terhadap penipuan lowongan kerja yang beredar di internet / sosial media dan yang "meminta uang" serta mengatasnamakan lupakerja .com untuk mendapatkan pekerjaan ‼
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
Salin dan Share Info ini:
Info ini telah disalin!