Cara Membuat Resume yang Baik dan Menarik Untuk Mendapat Pekerjaan yang Sempurna

Apakah Anda mencari pekerjaan atau karir baru atau bahkan jika Anda seorang freshgraduate? Jika ya, apakah Anda sudah mulai menggunakan internet atau koran untuk mencari pekerjaan? Jika sudah, Anda mungkin berada pada tahap melamar. Tahap melamar pekerjaan mungkin merupakan bagian yang paling penting. Sering kali, Anda hanya diminta untuk mengirimkan lamaran pekerjaan atau mengirimkan resume Anda via online atau email.

Karena wajah dan kepribadian Anda awalnya tidak akan terlihat, Anda harus membiarkan resume Anda yang lebih dulu menyapa bagian HRD atau pewawancara atau bos dari perusahaan tersebut. Itulah mengapa sangat penting bahwa resume Anda harus terlihat profesional, baik dan menarik.

Beberapa tip yang dapat Anda ingat saat membuat resume yang profesional, baik dan menarik akan dijelaskan di bawah ini.

Cara Membuat Resume yang Baik dan Menarik

Sebagai pengingat, resume Anda adalah hal pertama yang akan dilihat pewawancara. Jika Anda melamar pekerjaan yang Anda lihat secara online di LupaKerja Loker Medan atau di koran, kemungkinan besar Anda tidak akan mengirimkan resume Anda secara langsung. Meskipun "diskriminatif," banyak pemberi kerja mengkategorikan pelamar hanya pada resume mereka. Itulah mengapa sangat penting bagi Anda untuk meninjau resume Anda secara menyeluruh sebelum mengirimkannya. Dalam kebanyakan kasus, resume adalah salah satu yang membuat atau bahkan menghancurkan peluang pelamar untuk mendapatkan pekerjaan yang mereka cari.

Mungkin, tip paling penting untuk diingat, saat membuat resume baru untuk diri sendiri atau meninjau resume Anda saat ini, adalah penampilannya / cover nya. Banyak orang secara keliru percaya bahwa mereka memiliki peluang terbaik jika resume mereka menonjol. Ya, Anda ingin resume Anda menonjol, tetapi dengan cara yang baik; cara yang profesional. Bagaimanapun, Anda akan ingin mencoba dan menghindari kertas berwarna dan cetakan yang mencolok dan sulit dibaca. Seperti disebutkan di atas, banyak pemberi kerja memberi peringkat kandidat pelamar berdasarkan resume mereka. Memiliki resume yang tidak menarik dan tidak profesional adalah cara tercepat untuk memasukkan resume Anda ke tumpukan "tong sampah atau menjadi bungkus gorengan".

Cara Membuat Resume yang Baik dan Menarik

Anda juga disarankan untuk menyesuaikan resume Anda dengan pekerjaan yang Anda lamar, atau setidaknya industri yang ingin Anda masuki. Misalnya, jika Anda mencari pekerjaan di bidang ritel, tujuan resume Anda mungkin ingin menyebutkan "mencari karier di lingkungan ritel yang serba cepat," atau semacamnya. Menyesuaikan resume Anda untuk setiap pekerjaan tertentu akan membantu Anda tetap berada selangkah lebih maju di kompetisi. Ada banyak pemberi kerja yang bertanya-tanya apakah pelamar mereka membaca daftar pekerjaan sebelum melamar. Anda tidak ingin menjadi salah satu pelamar tersebut. Mendeskripsikan pekerjaan di industri konstruksi, sambil melamar pekerjaan di industri ritel adalah cara cepat lainnya untuk memasukkan resume Anda ke tumpukan "tong sampah atau menjadi bungkus gorengan".

Tip lain yang dapat Anda ingat saat membuat resume profesional yang hebat adalah panjangnya. Ya, Anda ingin memastikan bahwa resume Anda mencakup informasi sebanyak mungkin, tetapi Anda ingin memastikan bahwa resume Anda tidak penuh dengan informasi. Jika memungkinkan, Anda disarankan untuk membuat resume Anda sekitar satu atau dua halaman. Pastikan untuk menyertakan semua informasi yang berlaku, seperti riwayat pekerjaan dan pendidikan Anda. Saat menjelaskan pengalaman kerja dan pendidikan Anda sebelumnya, Anda dapat memasukkan informasi dasar, itu saja. Hal lain dapat didiskusikan lebih lanjut dalam wawancara. Banyak pemberi kerja tidak suka membaca resume yang panjang, terutama jika informasinya sudah ketinggalan zaman.

Kiat-kiat yang disebutkan di atas seharusnya dapat membantu Anda membuat resume profesional, baik dan menarik yang akan dilihat. Jika Anda tidak mengirimkan resume Anda secara langsung, Anda dapat membuat surat lamaran untuk diri Anda sendiri. Surat lamaran harus pendek dan langsung ke intinya. Jelaskan pekerjaan yang Anda lamar, pengalaman yang Anda miliki yang membuat Anda menjadi kandidat yang baik, dan minta pewawancara untuk melihat resume yang Anda lampirkan untuk informasi tambahan.

Kesimpulan

Intinya, jika Anda melamar melalui online atau via email, surat lamaran dan resume Anda sebaiknya harus powerfull, padat dan berisi dan sebisanya semua informasi dimasukkan ke resume Anda, jangan lebih dari 2 halaman jika data diri Anda panjang. Jangan memakai kertas, font, warna yang mencolok karena yang dinilai bukan itu. Sebaliknya, jika Anda melamar pekerjaan dengan cara mengantar langsung atau bahasa keren nya walk in interview, sebaiknya lamaran Anda tersebut juga padat dan berisi tetapi cukup untuk informasi dasar saja dikarenakan pewawancara sudah dapat mengajak Anda untuk berdiskusi lebih lanjut. Kecuali, jika Anda hanya "mengantar surat lamaran" lebih baik ke metode 1 yang dimana surat lamaran Anda harus powerfull, ya.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url