6 Cara Menulis (Ringkasan) Resume yang Menarik dan Efektif agar Diterima Kerja

Hai, semuanya dan selamat datang di situs lowongan kerja Medan sekitarnya. Saat melamar pekerjaan, resume Anda adalah kesan pertama yang Anda berikan. Tetapi, bagaimana Anda dapat menarik perhatian pewawancara dengan cepat ketika mereka mungkin menghabiskan waktu kurang dari sepersekian detik untuk meninjau dokumen-dokumen Anda? Jawabannya adalah (ringkasan atau rangkuman) resume, yang seharusnya menceritakan kisah singkat yang menarik tentang siapa Anda.

Hari ini, saya mau membahas enam tip utama untuk membuat (ringkasan) resume yang efektif.

Jadi mari kita mulai dan simak baik-baik, ya... 

#Tip pertama adalah meletakkan (ringkasan) resume Anda di tempat yang tepat.

Biasanya, perekrut akan dengan cepat membaca resume dari atas ke bawah. Selama peninjaun ini, ada kemungkinan bahwa poin-poin dengan perolehan utama dapat diabaikan, terutama jika berada di bagian bawah resume. Tetapi Anda dapat menggunakan peninjauan ini untuk keuntungan Anda. Tempat paling efektif untuk meletakkan (ringkasan) resume Anda adalah setelah nama dan informasi kontak Anda. Penempatan ini memastikan bahwa perolehan utama Anda berada tepat di bagian atas resume, di mana kemungkinan besar Anda akan mendapat perhatian penuh dari perekrut.

#Tip kedua, Sekarang, setelah Anda tahu di mana harus menempatkan (ringkasan) resume Anda , penting untuk menyimpannya pada posisi yang tepat.

Ringkasan resume yang ditulis dengan baik , yang juga disebut (ringkasan) profesional , singkat-- antara dua hingga tiga kalimat. Ini harus mencakup pengalaman profesional Anda selama bertahun-tahun , keterampilan terbaik, kekuatan, dan apa yang Anda cari dalam peran Anda selanjutnya. Di luar itu, ini akan membantu perekrut memahami siapa Anda sebagai seorang profesional. Membuat (ringkasan) resume yang efektif paling mudah setelah Anda meluangkan waktu untuk merenungkan keterampilan dan perolehan Anda yang relevan dan bagaimana hubungannya dengan peran tersebut.

Anda dapat membuat (ringkasan) resume yang singkat dalam tiga langkah.

-Satu, catat atau tuliskan pengalaman dan keterampilan Anda yang paling penting .

Ini dapat mencakup detail seperti sertifikasi, soft skill, keterampilan teknis, kemampuan berbicara dalam berbagai bahasa, penghargaan, atau perolehan lain yang Anda miliki.

-Kedua, tinjau deskripsi pekerjaan dari posisi yang Anda lamar dengan cermat dan akurat.

Perhatikan persyaratan atau aspek di dalamnya yang tumpang tindih dengan kualifikasi Anda.

-Tiga, kumpulkan (ringkasan) dua hingga tiga kalimat yang secara singkat menunjukkan keterampilan tersebut.

Pernyataan Anda harus dimulai dengan kata sifat kunci untuk diri Anda sendiri. Gunakan bahasa yang interaktif dan sertakan kata-kata tindakan utama untuk menggambarkan pengalaman Anda. Beberapa orang memilih untuk menggunakan kalimat, sementara yang lain lebih suka menggunakan poin-poin. Kedua format tersebut berguna untuk menjelaskan sifat atau kualifikasi. Tetapi daftar berpoin sangat membantu bagi kandidat atau pelamar tingkat pemula atau freshgraduate. Mereka juga merupakan format yang baik jika Anda memiliki beberapa kualitas berbeda yang ingin Anda tuliskan dengan beberapa detail. Mereka mungkin kurang berguna jika Anda memiliki kualitas yang terlalu pendek untuk dimasukkan ke dalam format poin. Nah, jika Anda bingung karena mengira (ringkasan) resume hanya maksimal satu kalimat, Anda tidak sendirian. Sangat mudah untuk memadukan (ringkasan) resume dan pernyataan objektif. 

#Tip ketiga, saya akan menjelaskan perbedaannya dan mana yang direkomendasikan.

Ringkasan dan pernyataan objektif adalah sorotan profesional di bagian atas resume. Sementara (ringkasan) resume menyoroti beberapa pengalaman dan keterampilan penting yang Anda peroleh, tujuan resume adalah pernyataan sederhana tentang tujuan karir Anda. Ringkasan resume terdiri dari dua hingga tiga kalimat dan tujuannya hanyalah satu.

Ringkasan resume memungkinkan Anda untuk menceritakan sebuah kisah, sementara pernyataan objektif adalah tujuan untuk pekerjaan yang dapat dikumpulkan oleh perekrut dari aplikasi Anda.

#Tip keempat adalah menulis (ringkasan) resume yang efektif untuk mengukur pengalaman Anda.

Ringkasan resume bertujuan untuk menyampaikan kualifikasi utama Anda dengan cepat. Itu berarti, Anda ingin keterampilan dan pengalaman Anda yang paling relevan mudah ditemukan. Mengukur detail penting dari pengalaman Anda, memungkinkan perekrut mendapatkan gambaran langsung tentang kualifikasi Anda. Seperti halnya poin-poin resume, angka adalah teman Anda. Metrik atau perolehan apa yang berbicara dengan kesuksesan Anda?

Pertimbangkan untuk memasukkan atau menyertakan:

- total tahun pengalaman yang relevan dengan peran atau industri,

- ukuran tim yang Anda pimpin jika Anda mencari posisi manajemen,

- termasuk informasi kelas, jika Anda seorang guru,

- berapa banyak kuliah yang Anda selesaikan atau berapa banyak siswa yang hadir,

- perolehan, seperti penjualan besar yang Anda capai atau yang Anda tangani.

#Tip kelima, menulis (ringkasan) resume yang efektif dengan selalu menggunakan kata sifat.

Ringkasan resume harus menceritakan sebuah kisah perjalanan. Seperti halnya cerita bagus lainnya, buatlah gambaran yang mendetail dengan menggunakan kata sifat yang memberikan wawasan tambahan tentang siapa Anda sebagai seorang profesional.

Ini adalah teknik yang sangat membantu untuk pelamar tingkat pemula atau freshgraduate yang mungkin tidak memiliki pengalaman bertahun-tahun. Dalam hal ini, pertimbangkan kata sifat untuk menggambarkan kepribadian dan etos kerja Anda, daripada pengalaman kerja Anda.

Gunakan kata sifat seperti antusias, berdedikasi, energik, motivasi diri, dan berorientasi pelanggan. Satu catatan dari saya, jangan gunakan kata sifat umum contohnya pintar atau superaktif seperti terbaik, yang tidak terlalu banyak bicara atau menambahkan apa pun ke resume Anda. Jika Anda telah mempunyai pengalaman bertahun-tahun sebagai seorang profesional atau expert, kata sifat dapat digunakan untuk memerangi ageisme (ageisme atau ageism merupakan suatu bentuk stereotipe atau diskriminasi seseorang terhadap umur, individu, atau bahkan jabatan) dalam proses perekrutan. Kata sifat seperti berpengalaman, terinervasi, serbaguna, mudah beradaptasi, dan berkualitas baik untuk meringkas pengalaman Anda selama bertahun-tahun, sekaligus menunjukkan kemampuan Anda untuk tumbuh dan berubah.

#Tip keenam, menulis (ringkasan) resume yang efektif dengan membuatnya tetap relevan untuk peran atau posisi tersebut.

Seperti yang saya tulis sebelumnya, (ringkasan) resume Anda harus menceritakan kisah tentang siapa Anda sebagai seorang profesional atau expert dan mengapa Anda adalah kandidat yang memenuhi syarat. Menekankan atau menuliskan keterampilan yang tidak Anda kuasai untuk peran atau posisi itu, akan menunjukkan bahwa Anda tidak cocok untuk pekerjaan tersebut. Untuk menghindari hal ini, hanya sertakan total tahun pengalaman dan keterampilan serta keahlian utama Anda yang relevan dengan posisi lowongan kerja tersebut.

Penutup

Cara Menulis Resume yang Menarik dan Efektif

Sebagai kesimpulan, buat (ringkasan) resume setelah merenungkan posisi apa yang akan Anda lamar. Kemudian, letakkan (ringkasan) resume Anda setelah nama dan informasi kontak Anda. Pertahankan dua hingga tiga kalimat. Berikan (ringkasan) daripada pernyataan objektif. Hitung pengalaman Anda, selalu gunakan kata sifat, dan sertakan sorotan profesional yang relevan dengan posisi yang dilamar. Untuk informasi lebih lanjut tentang cara menulis (ringkasan) resume yang efektif , pastikan untuk selalu membaca artikel disitus lowongan kerja medan terbaru ini.

Sekarang, jika Anda merasa artikel ini bermanfaat, silakan bagikan dengan orang lain. Terimakasih....

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url