Hal Penting Ketika Menulis Resume Untuk Melamar Pekerjaan

Hal Penting Menulis Resume Untuk Melamar Pekerjaan - Sebuah survey yang di publish di harian nasional Kompas menyebutkan bahwa hanya 1 persen dari masyarakat Indonesia yang memiliki jiwa wirausaha. Oleh karena itu, tidak heran jika sangat sulit untuk mendapatkan sebuah pekerjaan untuk seperti zaman sekarang ini, termasuk saat pandemi. Oleh karena itu, ditengah sulitnya untuk mendapatkan lowongan kerja seperti sekarang ini, tentunya membuat pelamar kerja harus extra cerdas dan memiliki ide cemerlang untuk memanfaatkan peluang di sekelilingnya untuk menemukan pekerjaan yang diinginkannya.

Salah satu yang harus diperhatikan adalah dengan menulis resume lowongan kerja yang diincar adalah dengan cara menulis benar dan menarik. Tapi sangat disayangkan, terlepas dari begitu pentingnya penulisan tersebut, masih banyak pelamar yang melakukan kesalahan menulis resume dan surat lamaran, yang dapat mengurangi kemungkinan mendapatkan pekerjaan.

Baik, berikut ini adalah beberapa hal penting yang sudah sepatutnya harus diperhatikan agar dapat menulis surat, CV dan resume pekerjaan dengan benar:

Cara Menulis Surat, CV dan Resume Pekerjaan

Cara Menulis Surat, CV dan Resume Pekerjaan
Cara Menulis Surat, CV dan Resume Pekerjaan

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini urutan langkah penyusunan yang benar dari sebuah resume yaitu: Identitas diri (sebisa mungkin sebaiknya juga mencantumkan email kita) => Jenjang pendidikan (berisi tentang jenjang pendidikan formal dan non-formal yang diikuti) => Kemampuan yang dimiliki (hal ini biasanya sebagai nilai tambah dari diri kita, oleh karena itu sebaiknya menuliskan kemampuan-kemampuan yang dimiliki dan berkaitan dengan bidang tempat perusahaan yang kita lamar) => Pengalaman kerja (untuk fresh graduate biasanya bisa di-skip saja bagian ini, namun jika ada jangan lupa mencantumkan jenis pekerjaan dan jabatan yang terakhir) => Referensi kerja jika ada (hal ini adalah referensi orang-orang yang dapat di hubungi oleh perusahaan untuk mengenal lebih jauh tentang kepribadian kita dari sudut pandang orang yang lain yang telah cukup mengenal kita).

Perhatikan jenis huruf, kertas dan dokumen penunjang lainnya. Untuk kertas sangat dianjurkan jangan menggunakan kertas bewarna, tapi kertas putih polos agar terkesan formal, professional, dan tulisan lebih mudah dibaca! Kemudian gunakan jenis huruf front yang standard dan resmi seperti times new roman. Jangan lupa sertakan foto  terbaru  diri Anda. Cek kembali semua dokumen pendukung seperti transkrip nilai, foto copy ijazah dan lain-lain.

Sebagai tips tambahan, jika perusahaan yang menyediakan lowongan tidak mewajibkan melampirkan transkrip nilai, maka sebaiknya jangan dilampirkan (terutama bagi yang nilainya jelek yah!), karena CV dan resume adalah langkah awal untuk menarik perusahaan mengenal kita lebih jauh. Jadi sebaik mungkin buat mereka penasaran ingin mengenal kita lebih jauh lagi.

Buat tulisan dengan bahasa baku dan menarik ketika dibaca dan mudah untuk dipahami. Usahakan jangan membuat CV lebih dari 2 hal. Tetapi jika tidak memungkinkan maka lebih baik tidak melakukan lebih dari 3 hal. Khusus untuk surat dan resume kerja harus 1 hal yah sebaiknya! Dan jangan lupa untuk jujur dan jangan bohong terhadap tulisan yang kita buat diatas kertas tersebut, karena hal itu akan menjadi boomerang jika kita langgar! Misal, kalau memang kemampuan bahasa inggris kita bisa hanya pasif, maka jangan ditulis aktif yah!

Untuk update-an terbaru jangan lupa untuk follow LupaKerja agar tidak lupa untuk mencari kerja dan mendapatkan pekerjaan impiannya. Apapun pekerjaannya yang penting kerjanya halal dan tidak membuat orang lain susah.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url